Pasar Gaib di Puncak Tertinggi Nusantara

Gunung-gunung di Indonesia kaya akan cerita mistis yang turun temurun diceritakan. Salah satunya adalah mitos tentang pasar gaib atau pasar setan yang tersembunyi di hutan pegunungan. Konon, pasar ini hanya muncul di malam hari. Transaksi aneh terjadi di pasar yang tak terlihat mata biasa ini.

Penjual dan pembeli bukanlah manusia, melainkan makhluk halus yang mendiami gunung. Jika manusia beruntung menemukan lokasinya, sangat dilarang untuk membeli apapun dari pasar gaib tersebut, konon katanya jika kita membeli atau memakan sesuatu yang di jual di pasar tersebut kita bisa saja tidak akan kembali kedunia nyata dan di dunia nyata pun kita akan dikatakan menghilang.

Mitos ini sering dijadikan sebagai alasan beberapa pendaki yang menghilang saat mendaki gunung. Berikut mitos pasar setan di indonesia.

  • Gunung Arjuno dan Pasar Iblis Jalur Sabana 

Gunung berapi aktif setinggi 3.339 mdpl ini terletak di Jawa Timur, persisnya di perbatasan tiga kabupaten: Batu, Malang, dan Pasuruan. Gunung Arjuno dikelilingi hutan lebat nan eksotis, membuatnya menjadi favorit para pendaki dan pecinta alam.

Menurut cerita turun temurun, di jalur pendakian Sabana yang berada di barat daya puncak Arjuno, terdapat pasar gaib yang hanya muncul pada tengah malam. Pasar aneh ini dipercaya sebagai perkumpulan iblis dan mahluk halus gunung.

Mereka bertransaksi berbagai keperluan bagi kehidupan astral mereka. Konon beberapa pendaki pernah mendengar suara ramai dan aktivitas jual-beli saat melewati Jalur Sabana. Namun saat menengok, mereka sama sekali tidak menemukan apapun, seolah suara berasal dari dimensi lain. Cerita seram ini terus menghantui para pendaki Gunung Arjuno hingga kini.

  • Pasar Bubrah di Puncak Mahameru 

Sebagai gunung berapi paling aktif seIndonesia, tak heran banyak legenda mistis yang beredar di sekitar Gunung Merapi, termasuk adanya pasar gaib. Dipercaya bahwa di area Pasar Bubrah tepat di bawah kawah Merapi, terdapat pasar besar tempat berkumpulnya roh-roh penunggu gunung.

Mereka bertransaksi kebutuhan sehari-hari bagi kehidupan supernatural mereka di alam sana. Ciri khas pasar ini adalah suara gaduh yang mendadak muncul dan menghilang. Saat mendengar suara ramai tak jelas itu, ada tradisi unik yang kerap dilakukan para pendaki Merapi.

Mereka melempar koin sambil berdoa, lalu mengumpulkan kerikil di sekitar mereka yang melambangkan rezeki.

  • Pasar Surya Kencana di Atap Jawa Barat

Satu lagi gunung di Jawa Barat yang angker karena mitos pasar gaibnya adalah Gunung Gede, atau kerap disebut Gunung Pangrango. Kawasan hutannya banyak menyimpan cerita horor tentang makhluk halus penunggu.

Konon, di alun-alun Surya Kencana yang merupakan basecamp sebelum mencapai puncak Gede, terbentang pasar gaib nan misterius. Beberapa pendaki bersumpah pernah mendengar suara gaduh transaksi jual beli, padahal yang nampak sepi hanya tiga buah tenda berpenghuni di situ.

Menurut mitos yang turun temurun, pasar di alun-alun ini ramai dikunjungi roh halus dan mahluk ghaib gunung untuk berbelanja kebutuhan mereka di alam sana. Namun pasarnya tak terlihat kasat mata sehingga sangat mengagetkan pendaki yang tak sengaja menyaksikannya.

Demikian tiga mitos pasar setan yang tersembunyi di hutan gunung Indonesia. Cerita seram ini tetap hidup dari mulut ke mulut dan terus mengundang ketertarikan serta bulu kuduk siapapun. Sampai kapankah magnet mistis pegunungan Nusantara ini akan terus menggoda?